Gado-Gado, Salad Ala Betawi yang Membuat Hari Terasa Indah Berseri

Gado-gado, salad ala Betawi. Sumber gambar : google.com
KULINER - Hari itu, udara yang dingin di Kota Magelang membangunkan dari tidur lelap. Tak seperti biasanya udara ketika itu terasa lebih dingin dari biasanya. Termometer di dinding menunjukkan angka 16 derajat celcius, pun begitu dengan penunjuk suhu pada smartphone yang saya gunakan.

Jam digital pada smartphone menunjukkan pukul 11.40, tak terasa waktu telah memasuki siang hari namun udara masih seperti pagi hari. Apalagi setelah semalam menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018 hingga menjelang fajar rasanya tubuh ini semakin merasakan hawa dingin yang dahsyat.

Setelah berberes dan membersihkan badan, dan kebetulan hari itu mendapat jatah libur dari kantor langsung saja saya bergegas untuk berburu kuliner di Kota Magelang. Saya sangat antusias kala itu, karena beberapa waktu yang cukup lama tidak sempat untuk berkeliling menyusuri jalanan Kota Magelang untuk ber-wisata kuliner, mengingat di Magelang cukup banyak ragam kuliner yang mudah ditemui.

Mengingat hawa yang cukup dingin pada saat itu, tentu menu makanan yang panas, pedas, dan segar yang sering dikatakan 'kemepyar' pasti menjadi pilihan yang tepat. Namun, di benak saya yang muncul adalah keinginan untuk menyantap makanan yang berbahan dasar sayuran. Mungkin karena saya merasa sudah lama tidak mengkonsumsi sayuran dan sayuran juga bermanfaat bagi kesehatan.

Maka dari itu, pilihan saya jatuh pada Gado-Gado. Makanan yang berbahan dasar sayuran ini merupakan salah satu makanan yang saya gemari. Perpaduan dari sayuran-sayuran yang direbus dengan bumbu saus kacang ini mampu menciptakan rasa yang unik.

Pasti anda tahu kan gado-gado itu makanan seperti apa? Gado-gado ini merupakan makanan yang berupa kombinasi sayuran yang telah direbus dan dijadikan satu, lalu dicampur atau diguyur dengan saus bumbu kacang, tak lupa dilengkapi dengan tahu atau tempe yang dipotong kecil menyerupai dadu dan juga telur rebus.

Gado-gado ini bukan makanan khas Magelang, melainkan salah satu ragam kuliner yang berasal dari Betawi. Namun demikian, di Magelang pun banyak penjual yang bergadang jenis makanan satu ini. Selain itu, banyak juga penggemarnya. Menurut saya, Gado-Gado ini salah satu makanan sehat, dan cocok bagi anda yang vegetarian atau sedang menjalankan program diet.

Di dalam Gado-Gado ini, bisa menggunakan sayuran yang bervariasi, namun biasanya sayuran yang digunakan antara lain sayuran hijau yang diiris kecil seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang. Untuk jenis sayuran lain biasanya menggunakan taoge/toge(kata yang dicoret jangan cari di google image), wortel, mentimun, tomat, dan juga kentang rebus. Lalu, ada juga jagung yang telah dipereteli atau jagung pipil. Tapi jangan lupakan pelengkap lainnya seperti potongan tahu dan tempe, dan telur rebus.

Untuk saus bumbu kacangnya dalam gado-gado ini merupakan salah satu yang membedakan dari salad sayuran Nusantara lainnya. Bahan yang digunakan dalam saus kacang ini adalah kacang tanah yang telah dihaluskan, bawang putih, garam, gula jawa / gula merah, air jeruk nipis. Ada pula yang ditambahkan cabai dan merica, namun beberapa penjual gado-gado, sambal cabai disediakan secara terpisah (meskipun tidak terpisah jauh, karena kalau terpisah jauh sering kangen ~ wkwkwkwk).

Nah, inilah seporsi Gado-Gado yang saya beli untuk bekal ketika bekerja
Setelah proses mixing sayur-sayuran, potongan tahu dan tempe, telur rebus dan juga saus bumbu kacangnya, gado-gado siap disajikan. Tak lupa juga dengan kerupuk udang dan emping sebagai salah satu pelengkapnya, jangan lupa untuk menambahkan sambal cabai kala menikmatinya karena akan semakin menghadirkan cita rasa yang berwarna. Gado-Gado ini bisa dimakan begitu saja layaknya kita menyantap salad, atau bisa juga dimakan bersama nasi maupun lontong.

Singkat cerita, sampailah saya ditempat penjual gado-gado yang selalu menjadi jujukan saya yang berada di wilayah Kauman atau di belakang Masjid Agung Kota Magelang. Setelah memesan satu porsi dan saat hendak duduk di tempat yang disediakan, sebuah panggilan masuk di ponsel saya begitu mengejutkan, tertera nama atasan saya yang memanggil. Perasaan saya mulai tak tenang lagi, rasa resah mulai merebak dalam dada... Dan benar, hari itu, jatah libur yang saya sambut dengan bahagia harus sirna lantaran ada tugas mendadak yang perlu diselesaikan hari itu juga.

Dengan berat hati rencana dine in(makan ditempat) gado-gado saya batalkan. Saya pesan untuk dibungkus dan dibawa sebagai bekal di tempat kerja. Selanjutnya, saya bergegas pulang, mandi, dan bersiap menuju kantor berkutat dengan pekerjaan lagi. Tapi, yang membuat hari saya kala itu sedikit berseri, karena ada gado-gado seporsi yang siap menemani di kala hati merasa tersakiti karena gagal prei(libur).

Sekian dulu tulisan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan juga membuat hari anda lebih warna-warni seindah pelangi. Jangan lupa berlangganan melalui kolom newsletter & subscribe yang tersemat pada footer situs blog ini. Terima kasih.

Gado-Gado, Salad Ala Betawi yang Membuat Hari Terasa Indah Berseri Gado-Gado, Salad Ala Betawi yang Membuat Hari Terasa Indah Berseri Reviewed by Sekitar Magelang on July 13, 2018 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.