Yangko, Gurih dan Manis Kue Tradisional Bertekstur Kenyal

Yangkomochi
MAGELANGAN, KULINER - Setelah sekian lama tak ada waktu untuk menulis di blog ini, akhirnya berkesempatan untuk menulis kembali. Di sela-sela kesibukan yang padat, saya tuliskan lagi macam kuliner yang beragam di Magelang.

Tulisan kali ini akan memuat salah satu kuliner yang masuk dalam kategori cemilan atau makanan ringan. Makanan tersebut adalah Yangko. Siapa yang tak kenal dengan cemilan satu ini. Yangko atau mochi atau kue mochi mungkin sering anda jumpai keberadaannya, di toko oleh-oleh atau pun di penjaja cemilan yang ada di pasar.

Kalau anda belum tahu dan bertanya-tanya apa itu Yangko atau Kue Mochi, simak yuk selengkapnya dibawah ini !

Yangko adalah makan dari adonan dari tepung ketan yang dibalut tepung ketan dengan rasa manis dan khas  karena ada unsur gurihnya. Yangko biasa berbentuk kotak dan didalamnya telah diisi oleh adonan isi kue berupa kacang yang dapat menambah kenikmatan menyantap Yangko. Dalam perkembangannya, makanan ini telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih menarik.

Yangko ini merupakan salah satu makanan atau cemilan tradisional dan khas. Namun entah siapa pertama kali penciptanya, yang jelas Yangko ini banyak sekali toko oleh-oleh yang menjualnya. Ada Yangko Khas Jogjakarta, ada juga Yangko Khas Magelang.

Beberapa waktu yang lalu, salah satu kerabat memberi saya satu kotak Yangko Khas Magelang. Yangkomochi ini bukan merupakan produksi sebuah pabrik besar, melainkan produk rumahan atau lebih kerennya disebut homemade.

Nah, karena bahan baku dasarnya adalah tepung ketan, sudah pasti cemilan satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan legit. Yangkomochi ini memiliki perpaduan rasa yang unik. Manis dan gurih. Rasa manis dan gurihnya pun dobel. Yang pertama tentu saja dari kue mochi atau yangko yang berbalut tepung gula yang lembut. 

Yang kedua adalah dari isi Yangko itu sendiri. Karena isi dari Yangko ini merupakan adonan kacang tanah yang telah diulek atau ditumbuk dengan gula jawa yang telah dimasak sedemikian rupa. Nah, dari perpaduan rasa yang unik itulah, sehingga menjadikan Yangko menjadi salah satu cemilan yang memiliki rasa khasnya.

Ingin tahu apa saja resep dan bagaimana cara membuatnya? Yangkomochi atau kue mochi ini resepnya cukup mudah untuk didapatkan. Yang pertama adalah beras ketan putih, gula pasir atau gula jawa, garam, tepung beras ketan putih, daun pandan untuk menambah aroma, kacang tanah untuk isi, lalu air.

Cara membuatnya mungkin cukup merepotkan, namun untuk anda yang ingin berkreasi berjuang sedikit tentu tak kan jadi masalah. Pertama-tama rendam terlebih dahulu beras ketan selama semalam. Lalu esok harinya bisa anda tiriskan lalu jemur hingga kering. Setelah kering bisa anda haluskan, bisa menggunakan lesung padi dengan cara ditumbuk, atau menggunakan grinder. Lalu, ayak. Setelah itu sangrai di atas api kecil. Kemudian sisihkan sedikit untuk taburan.

Langkah berikutnya adalah masak air, gula, pandan, dan garam di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih dan gula telah larut. Kecilkan apinya, lalu tambahkan tepung beras ketan yang telah disangrai secara bertahap. Jangan lupa untuk terus sambil diaduk hingga adonan mengental. Disini anda bisa berkreasi dengan menambahkan pewarna agar yangko buatan anda berwarna. Tapi ingat ya, gunakanlah pewarna makanan bukan pewarna tekstil.

Setelah adonan mengental dan tercampur rata dengan pewarna makanan (kalau anda tambahkan pewarna), tuangkan adonan pada loyang persegi yang telah dialasi plastik atau kertas minyak. Diamkan hingga tidak panas. Lalu keluarkan.

Selain di tuang kedalam loyang, anda bahkan bisa berkreasi atau ingin dibuat bentuk selain kotak, bisa juga anda cetak menjadi yangko gulung.

Setelah itu, anda bisa membelah menjadi dua bagian untuk anda tambahkan isi berupa kacang tanah dan gula yang telah ditumbuk dan dimasak sedemikian rupa. Setelah anda tambahkan isi, bisa anda satukan kembali, lalu taburkan tepung ketan pada permukaannya.

Terakhir anda bisa memotongnya jangan lupa sekali lagi taburkan tepung ketan, lalu Yangkomochi siap dihidangkan !

Kalau anda membeli yangko atau kue mochi dengan bentuk kotak persegi mungkin dirasa sudah mainstream. Nah, seperti yang saya ceritakan di atas beberapa waktu yang lalu kerabat saya memberikan satu kotak yangko khas Magelang.

Nah, Yangko satu ini anti-mainstream. Bukan berbentuk kota persegi, namun berbentuk gulung sperti bolu gulung. Setelah saya telusuri, akhirnya saya menemukan alamat penjual Yangkomochi Khas Magelang ini.

Yangkomochi atau Kue Mochi Gulung ini merupakan produk homemade. Tokonya berada di sebuah rumah di wilayah Sumberrejo, Mertoyudan, Magelang. Harganya pun cukup murah, mengingat rasanya juga enak. Untuk satu kotak Yangkomochi hanya dibanderol 20 ribu rupiah saja.

Sekian tulisan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk bookmark situs ini pada web-browser pada perangkat anda. Serta jangan lupa untuk subscribe untuk terus dapatkan update terkini artikel mengenai kuliner maupun wisata di wilayah Kota Magelang ataupun di wilayah Kabupaten Magelang, caranya dengan melalui kolom newsletter and subscribe yang tersemat pada footer widget situs blog ini. Terima kasih.

Yangko, Gurih dan Manis Kue Tradisional Bertekstur Kenyal Yangko, Gurih dan Manis Kue Tradisional  Bertekstur Kenyal Reviewed by Sekitar Magelang on May 17, 2018 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.