Tahu Mayonaise, Gorengan Home Made yang Beda dari Gorengan Pinggir Jalan

Tahu Mayonaise
MAGELANGAN - Gorengan. Siapa yang tak tahu gorengan. Jajanan yang banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Jajanan satu ini merupakan jajanan yang murah meriah. Berbagai kalangan masyarakat pun banyak yang menggemari gorengan.

Biasanya, penjual gorengan menyediakan berbagai jenis gorengan yang dijual. Mulai dari tempe goreng, tahu goreng, ketela dan ubi goreng, tape goreng, gethuk goreng, bakwan, combro dan lain sebagainya.

Gorengan-gorengan tersebut pun memiliki nama atau pun 'bentuk' masing-masing. Misalnya, ada tempe goreng dengan bentuk lain tempe mendoan. Lalu tahu goreng, ada yang menyebutnya tahu isi atau tahu susur. Dan jenis bakwan, ada bakwan udang, bakwan tahu, dan lain-lain.

Untuk gorengan yang berbahan ketela, antara lain, gethuk goreng atau di magelang ada yang menyebutnya gethuk cotot (berisi gula pasir), ubi goreng, dan juga tape goreng, lalu ada juga bakwan ketela yang merupakan bakwan tapi dibuat dengan berbahan ketela.

Namun, di kesempatan kali ini saya akan membagikan resep gorengan home made yang berbeda dari gorengan-gorengan yang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Dan tentunya tak kalah enak. Apalagi jika kita sendiri yang membuatnya pasti lebih enak karena ada kepuasaan tertentu dalam diri kita.

Selain resep gorengan home made ini berbeda dengan gorengan pada umumnya, resep gorengan ini juga cocok untuk anda yang menjalankan program diet, dan menghindari terlalu banyak lemak. Resep gorengan ini, memakai tahu putih sebagai bahan dasarnya. Tapi ini bukan tahu isi ya sobat, melainkan Tahu Goreng Mayonaise.

Bahan-bahan yang akan kita gunakan antara lain tahu putih, tepung terigu, baking powder, merica bubuk, garam, bawang putih, saus tomat atau pun saus sambal, mayonais, air dan minyak goreng pastinya.

Untuk bahannya dalam praktek saya disini, saya hanya menggunakan 1 buah tahu putih, lalu saya potong menjadi 4 bagian. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda di rumah. Anda bisa memperkirakan sendiri sesuai orang yang mungkin akan anda ajak untuk menyantap cemilan satu ini.

Nah, cara membuatnya pertama-tama kita proses dulu Tahu yang telah di potong tadi dengan cara direndam di dalam air campuran bawang putih yang telah dihaluskan dengan 1/2 sendok teh garam. Atau anda bisa dengan merebusnya agar rasa gurih bisa benar-benar meresap ke dalam tahu.

Lalu, kita siapkan adonan pencelupnya. Disini saya menggunakan 120 gr tepung terigu protein sedang, sedikit merica bubuk, 1/2 sendok teh garam dan 250ml air es atau anda bisa menggunakan air dingin biasa. Setelah bahan untuk adonan pencelup telah siap, jadikan satu dan aduk sampai benar-benar merata.

Selain adonan pencelup, kita juga siapkan adonan pelapis. Nah, untuk adonan pelapis ini saya menggunakan 150 gr tepung terigu, 1/2 sendok teh baking powder, dan 1/2 sendok teh garam. Lalu campur rata bahan-bahan tersebut.

Kalau semua adonan yang kita butuhkan meliputi adonan pencelup dan adonan pelapisnya telah siap, langkah selanjutnya adalah masukan potongan tahu yang telah direndam atau direbus dengan air bumbu bawang putih dan garam tersbut kedalam adonan pencelup terlebih dahulu.

Setelah dicelupkan kedalam adonan pencelup dan sudah merata pada potongan Tahu tadi, kemudian kita masukan atau gulingkan potongan Tahu yang telah bercampur dengan adonan pencelup tadi kedalam adonan pelapis. Lakukan beberapa kali hingga benar-benar tercampur dengan rata antara Tahu yang telah bercampur adonan pencelup dengan adonan pelapisnya.

Kalau proses tersebut telah selesai, langkah berikutnya adalah menggoreng Tahu tersebut. Jangan sembarangan menggorengnya ya sobat. Agar hasilnya sempurna, kita goreng dalam minyak yang telah dipanaskan diatas api sedang. Yang perlu anda perhatikan, minyak yang digunakan untuk menggoreng lebih bagus dengan minyak baru jangan minyak bekas atau minyak jelantah.

Kita goreng Tahu tersebut hingga matang dan agak kering dan berwarna kuning agak kecoklatan. Setelah matang, tiriskan Tahu agar minyak yang menempel hilang atau menetes terlebih dahulu di tempat tirisan atau serok. Setelah dirasa sudah tak lagi banyak minyak yang menempel, Tahu goreng siap disajikan.

Tapi sobat, anda jangan lupa, sebelum Tahu disajikan oleskan terlebih dahulu atau bisa anda coret sedikit menggunakan mayonais dan saus cabe maupun saus tomat. Tahu Mayonais kreasi anda siap disajikan. Siapkan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkapnya.

Dan sekian dulu tulisan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk bookmark situs ini pada web-browser pada perangkat anda. Serta jangan lupa untuk subscribe untuk terus dapatkan update terkini artikel mengenai kuliner maupun wisata di wilayah Kota Magelang ataupun di wilayah Kabupaten Magelang, caranya dengan melalui kolom newsletter and subscribe yang tersemat pada footer widget situs blog ini. Terima kasih.

Tahu Mayonaise, Gorengan Home Made yang Beda dari Gorengan Pinggir Jalan Tahu Mayonaise, Gorengan Home Made yang Beda dari Gorengan Pinggir Jalan Reviewed by Sekitar Magelang on April 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.