Kenikmatan Sempurna Seporsi Sate Ayam di Setiap Kunyahnya

Sate Ayam dengan bumbu sambal Kacang dan irisan cabe serta bawang merah mentah

MAGELANGAN - Sore itu, langit di Kota Magelang bergelayut mendung nan syahdu, rintik hujan pun perlahan mulai menetes mencoba membasahi setiap sudut Kota Sejuta Bunga ini. Dengan keadaan perut yang sejak beberapa waktu lalu minta diisi, saya kendarai motor kesayangan membelah jalanan kota nan sejuk ini mencari santapan yang cocok untuk melengkapi suasana sore saat itu.

Menyusuri jalan Jenggolo, tempat dimana terdapat pusat Kuliner Jenggolo di samping RSU Tidar Kota Magelang, berharap menemukan hidangan yang pas, namun nyatanya tak ada yang benar-benar mampu memikat. Sampe pada akhirnya, berbelok ke Jalan Daha, angin sore yang semilir menerpa wajah, membawa suatu aroma yang membuat perut semakin bergejolak.

Aroma daging bakar yang begitu semerbak menusuk hidung terasa begitu menggoda. Kepulan asap yang terbawa semilirnya angin sore itu ternyata muncul dari sebuah tempat pembakaran sate. Dan akhirnya, disebuah warung di pusat kuliner tepat di depan Hotel Sriti yang berada di Jalan Daha, menjadi pilihan untuk mengatasi perut keroncongan sore itu.

Sebuah warung sate ayam yang menjadi jujukan sore itu. Terlihat belum banyak pengunjung yang mengunjungi pusat kuliner ini, hanya tampak beberapa pembeli yang menunggu pesanan mereka datang. Begitu pun dengan saya yang juga memesan seporsi sate ayam.

Waktu yang kian beranjak semakin senja, rintik hujan yang tak lagi berderai, sinar keemasan mentari sore itu tampak begitu indah walaupun semakin tenggelam di ufuk barat, melengkapi suasana kala itu. Seorang pelayan yang membawakan seporsi sate ayam yang telah saya pesan tadi membuyarkan lamunan.
Disinilah tempat dimana sate ayam yang dijajakan melalui beragam proses sebelum kemudian dihidangkan, sebagai satu sajian kuliner yang lezat.

Tak menunggu lama setelah berdoa dalam hati, makanan yang tersaji langsung disantap dengan penuh penghayatan. Daging sate ayamnya terasa kenyal dan empuk, begitu matang. Dilengkapi bumbu kacang yang lembut menambah citarasa yang sempurna.

Hidang khas nan lezat ini tak serta merta tersaji begitu saja, akan tetapi melalui proses-proses yang membuat hidangan sate ayam begitu istimewa. Daging-daging ayam yang telah dibersihkan dan dipotong sedemikian rupa, kemudian disusun dalam setiap batang tusuk sate. Setelah semua potongan daging telah siap pada masing-masing tusuk sate, kemudian akan dibakar hingga setengah matang.

Selanjutnya, sate setengah matang tadi, dibalurkan pada kecap hingga merata, lalu dibakar beberapa saat, dan tak lupa kembali dibalurkan dengan adonan, kali ini dengan campuran bumbu kacang dan kecap hingga "menyelimuti" setiap sate tersebut, yang setelahnya dibakar hingga benar-benar matang.

Setelah matang, sate siap disajikan. Tak lupa dilengkapi dengan lontong, atau nasi yang hangat, lalu disiram dengan bumbu kacang yang menjadi khasnya sate ayam pada umumnya. Untuk menambah kenikmatan, biasanya juga ditambahkan irisan bawang merah dan cabai untuk menciptakan citarasa nan unik. Irisan bawang merah dan cabe mentah, terasa pedas dan segar , berbaur dengan daging sate lengkap dengan nasi atau lontong dan bumbu kacangnya begitu sempurna disetiap kunyahnya.

Satu ke-istimewaan pada Sate Ayam yang berada persis di depan Hotel Sriti Kota Magelang ini adalah bumbu kacangnya yang begitu kental juga lembut menciptakan sebuah rasa yang berbeda dari hidangan sate ayam yang serupa. Selain itu, di warung sate ayam ini harga yang ditawarkan begitu terjangkau, murah meriah. Untuk satu porsi, berisi 10 tusuk sate tanpa lontong atau nasi, dibanderol dengan harga hanya 10 ribu rupiah. Sedangkan satu porsi sate (10 tusuk sate) dengan ditambang lontong atau pun nasi, hanya 13 ribu rupiah saja.

Nah, kalo anda mencari santapan murah meriah dengan rasa yang mewah, tak ada salahnya untuk mencoba sate ayam yang berada di pusat kuliner Jalan Daha Kota Magelang, tepatnya di depan Hotel Sriti Kota Magelang.

Jangan lupa untuk bookmark situs ini pada web-browser pada perangkat anda. Serta jangan lupa untuk subscribe untuk terus dapatkan update terkini artikel mengenai kuliner maupun wisata di wilayah Kota Magelang ataupun di wilayah Kabupaten Magelang, caranya dengan melalui kolom newsletter and subscribe yang tersemat pada footer widget situs blog ini. Terima kasih.

Kenikmatan Sempurna Seporsi Sate Ayam di Setiap Kunyahnya Kenikmatan Sempurna Seporsi Sate Ayam di Setiap Kunyahnya Reviewed by Sekitaran Magelang on March 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.