Kupat Tahu, Salah Satu Hidangan Nikmat Khas Magelang

kupat tahu
MAGELANGAN -Hai, konco-konco, salam jumpa kembali. Masih seputar kuliner di Magelang yang menjadi pokok bahasan di postingan kali ini. Pada post sebelumnya sudah dibahas ada Mie Ayam, Lothek, Soto, di post ini akan dibahas Kupat Tahu / Tahu Kupat.

Kupat Tahu / Tahu Kupat ini merupakan salah satu kuliner yang banyak dijajakan di Kota Magelang. Menurut penulis, Kupat Tahu adalah salah satu kuliner yang memiliki perpaduan rasa nan unik. Komposisinya pun bisa dibilang unik. Salah satu kuliner yang juga banyak penggemarnya.

Kupat Tahu ini memiliki komposisi ketupat, tahu, bakwan, yang dikombinasikan dengan sayuran berupa daun kol/kubis dan kecambah/tauge. Nah, untuk bumbunya, berupa kacang tanah yang sebelumnya telah digoreng atau disangrai,bawang putih, cabai (sesuai selera), lalu ada kuah kental manis terbuat dari perpaduan rempah, air, dan gula jawa.

Proses sebelum disajikan, adalah tentunya penyiapan bumbunya. Nah, bumbu yang disiapkan, bawang putih(biasanya seporsi kupat tahu menggunakan setengah atau sebutir bawang putih), lalu diuleg hingga halus, lalu ditambahkan beberapa buah cabai(sesuai selera pelanggan, ada juga yang meminta tanpa cabai). Setelah bawang putih dan cabe diuleg hingga lembut, tidak lupa ditambahkan pula kacang tanah yang sebelumnya telah digoreng atau disangrai, untuk kemudian diuleg hingga lembut, kemudian ditambahlah dengan kuah kental manis yang telah dituliskan pada paragraf sebelumnya.

Nah kalo tadi penyiapan bumbu, yang berikutnya ialah pokok dari Kupat Tahu ini, yang komposisinya berupa tahu, ketupat, bakwan, sayuran. Pertama-tama, tahu yang telah disiapkan, digoreng dalam minyak panas, api sedang, digoreng hingga kuning kecoklatan. Setelah itu, tahu yang telah digoreng dipotong dadu. Kemudian, yang digoreng berikutnya, daun kol atau kubis, namun proses penggorengannya tidak memakan waktu lama, hanya beberapa saat. Lalu, daun kol atau kubis tersebut diiris-iris.

Begitu pula dengan ketupat, yang juga dipotong atau diiris-iris. Namun berbeda dengan tahu dan daun kol, ketupat tidak digoreng. Setelah itu, irisan tahu, ketupat, dan daun kol di-mix dengan bumbu yang sebelumnya telah disiapkan. Tidak lupa juga ditambahkan kecambah atau tauge.

Setelah semua bahan komposisi telah dicampur dengan bumbu yang telah disiapkan sebelumnya, sekali lagi akan disiram dengan kuah kental manis, lalu ditambahkan bawang goreng dan irisan daun seledri yang ditaburkan pada bagian atasnya, istilah kerennya sebagai toping. Setelah semua itu, saatnya Kupat Tahu disajikan. Dan pastinya disajikan dengan kerupuk bawang yang menjadi pelengkap dan menambah kelezatan dari sepiring Kupat Tahu Magelang.

Nah, itulah sekilas tentang Kupat Tahu atau Tahu Kupat. Tapi alangkah baiknya kalo anda mencoba secara langsung hidangan salah satu kuliner yang tersebar di hampir seantero Magelang. Bahkan di pinggir-pinggir jalan pun ada penjual Kupat Tahu dengan gerobak kelilingnya, rasa pun tak perlu diragukan, hanya saja terkadang bingung harus menyantapnya dimana kalo dipinggir jalan. 
Atau kalo anda merupakan tipe orang yang mungkin kurang nyawan untuk makan dipinggir jalan, ada beberapa warung Kupat Tahu di Kota Magelang yang penulis rekomendasikan.

Salah satu warung Kupat Tahu yang direkomendasikan adalah Warung Tahu Pojok, terletak di jalan Tentara Pelajar, terletak di kiri jalan, beberapa meter sebelum lampu lalu lintas, sebelum alun-alun Kota Magelang. Warung Tahu Pojok ini merupakan warung langganan mantan Presiden RI, Pak SBY. Setiap kali berkunjung ke Kota Magelang, beliau selalu menyempatkan diri untuk makan di warung ini.

Untuk warung kupat tahu lain yang direkomendasikan, ada Warung Kupat Tahu Pak Pangat, terletak di jalan Senopati. Ada dua kios warung kupat tahu Pak Pangat ini, yang pertama di Jalan Panembahan Senopati sebelum lampu lalu lintas perempatan SMPN7 Kota Magelang, atau setelah RS Harapan. Warung yang kedua, terletak di Jalan Senopati, tepatnya sebelum SMAN 4 Kota Magelang. Kurang afdol rasanya kalo anda berkunjung ke Magelang kalo tidak menikmati Kupat Tahu.

Sekian dulu ulasan kuliner kali ini, semoga bermanfaat, untuk anda yang mungkin sedang berlibur di Kota Magelang. Pokoknya jangan ragu untuk berkunjung ke Magelang, Kota maupun Kabupatennya. Karena banyak ragam kuliner dan juga tempat wisata yang pantas menjadi jujukan anda. Semoga dengan kehadiran blog ini akan sangat membantu anda dalam mencari referensi berbagai hal akan Magelang.

Terus simak konten-konten blog ini dan nantikan postingan selanjutnya yang tak kalah menarik. Jangan lupa bookmark situs blog ini pada web-browser di komputer ataupun laptop anda. Atau anda juga bisa berlangganan konten blog ini dengan mengisi pada kolom subscribe yang tersemat pada footer widget situs blog ini.

Kupat Tahu, Salah Satu Hidangan Nikmat Khas Magelang Kupat Tahu, Salah Satu Hidangan Nikmat Khas Magelang Reviewed by Sekitaran Magelang on October 14, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.