Kenikmatan Khas akan Semangkok Soto Ayam

soto ayam
MAGELANGAN - Halo, teman-teman, jumpa lagi dengan MAGELANGAN. Masih membahas seputar kuliner. Untuk artikel kali ini apa yang mau dibahas? Yang kiranya tidak jauh dengan menu yang mungkin sering kita temui, bahkan mungkin sering kita nikmati.

Daripada bertanya-tanya, langsung saja ya. Kali ini yang akan ditulis disini adalah soto. Ya, soto. Siapa yang tak kenal dengan makanan satu ini. Makanan yang banyak variannya. Atau punya ciri tersendiri sesuai dengan daerah ataupun kulturnya. Mungin hampir diseluruh Indonesia banyak yang menjualnya.

Contohnya, ada Soto Lamongan, Soto Kudus, Soto Pekalongan, Soto Betawi, Soto Semarang dan lain sebagainya. Namun, karena blog ini membahas kuliner yang ada di kawasan Magelang, penulis akan menuliskan tentang Soto Ayam Magelangan.

Soto Ayam Magelangan ini, mungkin hampir sama dengan kebanyakan soto-soto lainnya. Untuk lebih jelasnya, akan penulis paparkan disini seperti apa Soto Ayam Magelangan itu.

Soto Ayam Magelangan itu, disajikan di sebuah mangkok berukuran sedang, atau pada umumnya mangkok yang bergambar ayam jago. Terdiri dari nasi, mie soun, irisan tahu bacem, sayuran yang terdiri dari kecambah/tauge/toge (untuk kata dicoret, dimohon dengan sangat jangan dicari pada laman google image), irisan daun kol/kubis, suwiran ayam, dan perkedel. Lalu disiram dengan kuah berwarna kuning, yang mengandung kunir dan kaldu ayam, serta irisan daun bawang, sehingga memberikan rasa yang khas. Serta taburan daun seledri dan bawang goreng yang melengkapi cita rasa nikmat khas soto ayam magelangan.

Namun, yang menjadi ciri khas dari Soto Ayam Magelangan ini, adalah perkedelnya. Bahan baku perkedelnya bukan dari kentang melainkan menggunakan talas atau kimpul. Perkedel kimpul ini punya keunikan tersendiri. Gurihnya yang khas dan setelah digoreng, secara otomatis dengan sendirinya akan menjadi renyah, krispi, tanpa ada bumbu tambahan.

Biasanya, sajian soto ayam magelangan ini dilengkapi dengan beberapa lauk, ada sate usus, sate telur puyuh, gorengan, krupuk dan masih banyak lagi lauk pelengkapnya. Dan bisa dibilang bumbu pelengkapnya yang tak pernah ketinggalan ada irisan jeruk nipis, untuk menambah cita rasa yang membangkitkan selera.

Sebenarnya, banyak sekali warung soto terkenal di Magelang, untuk kawasan Kota Magelang, ada warung soto ayam Pak Trimo, yang berada di Kampung Jambon Kidul, Jl. D.I. Pandjaitan, Kota Magelang. Lalu ada juga Soto Ayam Pak Sugi, berada di pertigaan yang mempertemukan Jl. D.I. Pandjaitan dengan Jl. Diponegoro atau tepat berada di depan Hotel Pringgading, Kota Magelang.

Ada juga, warung Soto Ayam Mbah Mul, yang berada di Jl. Cempaka, tepat berada di depan Rumah Dinas Walikota Magelang. Tapi, apa bila anda ingin mencari warung soto ayam, yang harganya murah meriah, harga bersahabat, rasanya juga tak kalah lezat dengan warung soto lainnya, penulis rekomendasikan warung Soto Ayam Pak No. Terletak di pintu masuk Lokasi Parkir Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng atau berada di seberang jalan RS Harapan, Kota Magelang.

Warung Soto Ayam Pak No ini, yang tadinya terletak di pintu masuk Lokasi Parkir Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng, atau berada di seberang jalan RS Harapan Kota Magelang, kini telah pindah. Warungnya kini terletak di pertigaan yang memisahkan jalan P. Diponegoro dengan jalan Senopati. Atau tepatnya berada di seberang jalan Rumah Dinas Wakil Walikota Magelang.

Nah, sahabat, sekian dulu ulasannya tentang soto ayam magelangan. Pokoknya jangan ragu untuk berkunjung ke Magelang, Kota maupun Kabupatennya. Karena banyak ragam kuliner dan juga tempat wisata yang pantas menjadi jujukan anda. Semoga dengan kehadiran blog ini akan sangat membantu anda dalam mencari referensi berbagai hal akan Magelang.

Terus simak konten-konten blog ini dan nantikan postingan selanjutnya yang tak kalah menarik. Jangan lupa bookmark situs blog ini pada web-browser di komputer ataupun laptop anda. Atau anda juga bisa berlangganan konten blog ini dengan mengisi pada kolom subscribe yang tersemat pada footer widget situs blog ini. Semoga dapat bermanfaat untuk anda para pembaca tercinta. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.

Kenikmatan Khas akan Semangkok Soto Ayam Kenikmatan Khas akan Semangkok Soto Ayam Reviewed by Sekitaran Magelang on September 30, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.