Lotek / Javanese Salad with Peanut Sauce

lothek

MAGELANGAN -Halo konco-konco seng tak tresnani, di kesempatan kali ini, MAGELANGAN akan menuliskan sedikit perihal salah satu jenis makanan yang banyak penggemarnya di Magelang dan sekitarnya. Kali ini, akan dibahas tentang Lothek. Apa itu Lothek?

Lothek atau istilah kerennya, penulis menyebutnya Javanese Salad with Peanut Sauce. Keren ga tuh? Mungkin banyak juga sebagian dari anda yang tahu apa itu Lothek. Bagi anda yang belum tahu, lothek ini merupakan makanan yang banyak dijajakan di kawasan Magelang.

Javanese Salad with Peanut Sauce atau Lothek ini, boleh dibilang masih satu keluarga dengan Pecel, atau pun Gado-Gado. Meskipun sama-sama berbahan sayuran dan bumbu kacang, tapi tetap ada perbedaan dari makanan ini satu sama lain.

Nah, lothek ini merupakan makanan dari beberapa sayuran yang dicampur jadi satu, lalu di mix dengan bumbu kacang. Biasanya terdiri dari beberapa sayuran yang terlbih dahulu direbus, seperti bayam, daun pepaya, kacang panjang, kangkung, kecipir, kecambah dan lain sebagainya. Untuk sayur mentahannya, biasanya daun kol atau kobis, yang hanya dicuci bersih lalu diiris tipis. Serta tidak lupa ditambahkan irisan mentimun.

Untuk bumbunya, antara lain, ada kacang tanah yang sebelumnya telah digoreng, terasi, air asam jawa, gula jawa atau gula aren, garam secukupnya, lalu cabe rawit sesuai selera. Kemudian bahan-bahan tersebut diuleg jadi satu hingga lembut, sampai jadi saus atau sambal kacang.

Setelah saus atau sambal kacangnya jadi, sayur-sayuran yang telah dituliskan di atas tadi, dicampur dengan sambal kacang tersebut, kemudian diaduk sampai rata, lalu disajikan. Untuk sumber karbohidratnya, biasanya juga ditambahkan dengan ketupat. Namun, hal ini tetap disesuaikan dengan keinginan pembeli. Ada yang suka ditambahkan ketupat, ada pula yang memilih tanpa ketupat.


Biasanya, untuk menambah keunikan rasa dan kelezatannya, sekali lagi sesuai selera pembeli, ditambahkan gorengan seperti tempe, tahu, maupun bakwan yang diiris-iris dan di-mix dengan sayuran dan saus kacang tadi. Ada juga yang dicampur dengan irisan tempe atau tahu bacem. Dan yang paling penting, yang menjadi pelengkap dan tidak boleh ketinggalan, adalah kerupuk bawang yang menjadi topingnya.

Sebenarnya banyak penjual Lothek atau yang keren disebut Javanese Salad with Peanut Sauce, namun yang menjadi rekomendasi penulis, adalah warung lothek yang berada di pusat kuliner di daerah Jendralan, Kota Magelang, atau di sebelah Kawasan Museum Diponegoro, atau Gedung Eks Karesidenan Kedu, di Jl. Diponegoro, Kota Magelang.

Ada juga, warung lothek di pusat kuliner yang terletak di Jl. Padjajaran, belakang RSUD Tidar, Kota Magelang. Atau mungkin kalo sudah pindah tempat, ada di pusat kuliner sekitar pasar tukangan, sebelah timur RSUD Tidar, atau Jl. Jenggolo, Kota Magelang. Kalo untuk daerah lain, penulis kurang akrab, namun yang jelas, yang sering menjadi jujukan di kawasan Kota Magelang adalah dua tempat tersebut. Jangan lupa mampir untuk mencoba kenikmatan Javanese Salad with Peanut Sauce tersebut, saat anda berkunjung ke Kota Magelang.

Itulah sedikit ulasan tentang lothek, salah satu jenis makanan yang dijajakan di Magelang. Makanan sehat, cocok untuk yang diet, atau anda yang vegetarian.

Pokoknya jangan ragu untuk berkunjung ke Magelang, Kota maupun Kabupatennya. Karena banyak ragam kuliner dan juga tempat wisata yang pantas menjadi jujukan anda. Semoga dengan kehadiran blog ini akan sangat membantu anda dalam mencari referensi berbagai hal akan Magelang.

Terus simak konten-konten blog ini dan nantikan postingan selanjutnya yang tak kalah menarik. Jangan lupa bookmark situs blog ini pada web-browser di komputer ataupun laptop anda. Atau anda juga bisa berlangganan konten blog ini dengan mengisi pada kolom subscribe yang tersemat pada footer widget situs blog ini. 

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Lotek / Javanese Salad with Peanut Sauce Lotek / Javanese Salad with Peanut Sauce Reviewed by Sekitaran Magelang on September 26, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.