Tak Se-Tenar Candi Borobudur, Namun Candi Pawon Tetap Pantas Ditelusuri Sejarahnya

Candi Pawon atau Candi Brajanalan
TRAVEL - Berbicara mengenai wisata, Magelang pun tak kalah menariknya untuk dibahas. Banyak sekali tempat wisata yang menyuguhkan khas masing-masing tempat tersebut. Mulai dari wisata alam, hingga candi peninggalan sejarah.

Berbicara mengenai candi, tentu yang paling dikenal hingga luar negeri kita tahu yakni Candi Borobudur. Namun, tak hanya Candi Borobudur saja yang ada di kawasan Magelang. Salah satunya, yang akan kita bahas di artikel kali ini. Penasaran? Langsung saja, candi Pawon.

Candi Pawon, begitu orang mengenalnya atau itulah nama yang disematkan untuk bangunan candi yang satu ini. Nama Candi Pawon sendiri tidak diketahui secara pasti asal usulnya. Apabila menilik nama Candi Pawon, kata 'Pawon' sendiri dalam bahasa Indonesia berarti dapur. Tetapi penduduk setempat juga menyebutnya 'Brajanalan' maka dari itu, Candi Pawon ini memiliki nama lain, yaitu Candi Brajanalan.

Mungkin, jika dibandingkan dengan Candi Borobudur atau pun Candi Mendut, Candi Pawon ini kalah tenar meski masih berada di kawasan Borobudur. Namun demikian, candi yang berlokasi di Brojonalan, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini tetap layak atau bahkan wajib untuk dikunjungi. Terlebih lagi karena menyimpan sejarah tersendiri yang patut untuk dipelajari.

Bangunan Candi Pawon ini tidak terlalu besar. Di bagian luar candi, dapat dilihat relief hayati yang tergambar pada dinding-dindingnya.

Saat berkunjung ke Candi Pawon ini, anda akan merasakan suasana yang tenang dan sejuk ketika cuaca cerah dan hari belum terlalu siang. Di sekitaran candi, terdapat tanaman bunga yang tentu akan menambah elok pemandangan, apalagi dengan rerumputan hijau yang tertata rapi tentu akan memanjakan mata. Perlu diingat, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan mematuhi peraturan yang ada di kawasan wisata Candi Pawon ini. Selain demi menjaga keutuhan peninggalan sejarah, dengan menjaga kebersihan dan mematuhi peraturan akan memberikan kenyamanan bagi anda dan pengunjung lainnya.

Tempat wisata satu ini tentu juga memperhatikan kebutuhan para pengunjung yang datang. Sebagai contoh, tempat parkir kendaraan yang disediakan cukup luas. Selain itu, tersedianya toilet dan masjid yang berada di kawasan wisata Candi Pawon ini. Tak hanya itu, terdapat pula toko souvenir dan information center yang juga ada di sekitar candi.

Oh iya, hampir lupa menuliskan, di Candi Pawon ini juga tersedia homestay serta tempat penyewaan sepeda tua yang memiliki kesan old school namun tetap menarik untuk di-gowes berkeliling kawasan Candi Pawon. Tentu dikenakan tarif tersendiri, anda bisa menanyakan langsung kepada petugas penyewaan sepeda tua tersebut yang berada di sekitar candi saat anda mengunjunginya.

Sepeda tua yang berjejer menunggu disewa untuk membawa pengunjung berkeliling
Tak perlu bingung mencari rute menuju tempat wisata ini, karena untuk menemukan lokasi Candi Pawon ini tergolong mudah dan yang pasti kendaraan roda dua maupun roda empat bisa menjangkau kawasan wisata ini. Apalagi dengan ditunjang teknologi digital yang semakin berkembang, tentu memudahkan dalam mencari lokasi Candi Pawon. Lokasi Candi Pawon bisa dilihat melalui google maps apa bila anda mengalami kesulitan mencari rute terdekat.

Mungkin hanya itu yang dapat dituliskan sebagai bahan referensi anda. Untuk pengalaman yang lebih, mungkin bisa anda dapatkan dengan mengunjungi tempat ini. Terima kasih telah berkenan membaca tulisan ini, diharapkan dapat menjadi manfaat untuk anda. Jangan lupa selalu jaga kebersihan dimanapun anda berada. Jangan ragu untuk datang ke Magelang. Ayo Dolan Magelang !
Tak Se-Tenar Candi Borobudur, Namun Candi Pawon Tetap Pantas Ditelusuri Sejarahnya Tak Se-Tenar Candi Borobudur, Namun Candi Pawon Tetap Pantas Ditelusuri Sejarahnya Reviewed by Sekitaran Magelang on December 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.